Rabu, 20 Maret 2013

Peluncuran Koneksi Berbasis 4G Oleh Berca


Berca dalam waktu dekat ini akan meluncurkan produk WiGO yang merupakan layanan koneksi internet berbasis teknologi 4G WiMAX. Teknologi ini  memungkinkan pengguna dapat menikmati layanan broadband dengan kecepatan akses yang tinggi secara konstan.

"Selain itu 4G WiMAX memungkinkan operator memberikan garansi Quality of Service (QoS) kepada pengguna, dimana hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh layanan broadband lainnya. Dengan adanya keunggulan tersebut, 4G WiMAX menjadikan pengguna bisa memanfaatkan koneksi data secara intensif, seperti pada aktivitas streaming video dengan kualitas High Definition (HD),  ataupun memainkan game online yang menuntut bandwidth berkecepatan tinggi," kata Chairman Berca Group Murdaya Widyawimarta Poo dalam siaran persnya yang diterima infobanknews.com, pada 22 September 2010. 

Ia menambahkan, WiGO akan mulai tersedia di Medan dan Balikpapan pada bulan Oktober 2010, selanjutnya menyusul Batam dan kota-kota besar lain di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara. Dalam penggelaran jaringan 4G WiMAX  tersebut, Berca menggandeng beberapa mitra strategis, di antaranya beberapa perusahaan produsen perangkat WiMAX, ICT terkemuka, dan perusahaan telekomunikasi lainnya.

"Pada tahun 2009, Berca mendapatkan lisensi untuk mengoperasikan layanan ‘Broadband Wireless Access (BWA)’ di frekuensi 2.3 GHz, dengan lebar pita sebesar 30MHz, yang mencakup 8 zona layanan, tersebar di sebagian besar daerah-daerah di luar Jawa, yakni Sumatera, Kalimantan, Sulawesi bagian Selatan, Bali dan Nusa Tenggara. Berca memenangkan lisensi tersebut melalui tender e-auction, yang diadakan oleh Direktorat Pos dan Telekomunikasi, Kementrian Komunikasi dan Informatika," tuturnya.

Ia berharap, dengan hadirnya WIGO yang menyediakan layanan broadband nirkabel 4G WIMAX, kiranya bisa mengurangi kesenjangan digital, dan bisa berperan dalam upaya pencerdasan kehidupan masyarakat, yang mana pada akhirnya bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat di luar Jawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar